Kamis, 07 April 2016

Rangkuman Ilmu Budaya Dasar (IBD)



Pengertian Ilmu Budaya Dasar atau yang di singkat IBD yaitu interaksi antar manusia pada setiap hari - harinya mengapa demikian ilmu budaya dasar adalah pegetahuan dasar dan pengertian umum untuk mempelajari kebudayaan dan manusia.
Istilah Ilmu Budaya Dasar dikembangkan di Indonesia sebagai pengganti Basic Humanities, yang berasal dari bahasa Inggris The Humanities. istilah Humanities itu sendiri berasal dari bahasa latin Humanus yang diartikan manusia, berbudaya dengan halus. Dengan mempelajari The Humanities seseorang akan bisa menjadi lebih bermanusiawi dan lebih berbudaya dengan lebih halus.

Prof. Dr. Harsya Bachtiar memberikan data bahwa ilmu pengetahuan dikelompokan menjadi tiga, yaitu:
1.  Ilmu Alamiah (Natural Science)
Ilmu alamiah bertujuan untuk mengetahui keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam alam semesta. untuk mengkajinya digunakan metode ilmiah. contoh: astronomi, fisika, biologi, kedokteran.

2. Ilmu Sosial (Sosial Science)
Ilmu sosial bertujuan untuk mengkaji keteraturan-keteraturan yang terdapat dalam hubungan antara manusia dan lingkungan sosialnya. untuk mengkajinya digunakan metode ilmiah. contoh : ilmu ekonomi, sosiologi, politik, hukum, psikologi, antropologi.

3. Ilmu Pengetahuan Budaya (The Humanities)
pengetahuan budaya bertujuan untuk memahami dan mencari arti kenyataan-kenyataan yang bersifat manusiawi. untuk mengkajinya digunakan metode pengungkapan peristiwa-peristiwa dan pernyataan-pernyataan yang bersifat unik dan kemudian diberi arti. pengetahuan budaya  dibatasi sebagai pengetahuan yang mencangkup keahlian seni dan filsafat. keahlian tersebut dapat dibagi-bagi kedalam berbagai bidang keahlian, seperti seni tari, seni rupa, dan seni musik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar